Cisco Packet Tracer - Melakukan Konfigurasi FTP

Cisco Packet Tracer - Melakukan Konfigurasi FTP, FTP  atau file transfer protocol adalah sebuah layanan system operasi jaringan atau server yang berfungsi untuk memberikan layanan berbagi file dimana file-file tersebut tersimpan pada direktori server. FTP merupakan protocol internet yang paling awal dikembangkan dan sampai saat ini masih digunakan untuk melakukan download maupun upload berkas-berkas dari computer client FTP dan server FTP.



Sebuah FTP akan diakses dengan menggunakan Unifor Resource Identifier atau URI dengan menggunaka format ftp://namaserver, untuk dapat mengakses FTP server client FTP dapat menggunan URI tersebut. Namun untuk penggunaan URI tersebut belum support pada software Cisco Packet Tracer.

FTP menggunakan protocol transmission control protocol atau TCP untuk melakukan komunikasi data antara client dan server. FTP berjalan pada port 21 dalam mengirimkan sebuah permintaan dan port 20 untuk membentuk komunikasi dalam mengirimkan file ke client. Dalam menggunakan FTP terdapat dua user yang dapat digunakan untuk mengakses FTP server yaitu Anonymous dan user legal.

Secara default FTP pada services atau layanan server Cisco Packet Tracer telah aktif dan dapat langsung diakses dengan menggunakan user legal yang telah tersedia berupa username cisco dan password cisco, dalam mengakses layanan tersebut FTP server hanya dapat diakses dengan menggunakan command promt pada client karena tidak mendukung URI menggunakan browser yang tersedia pada computer client. Untuk dapat melihat bagaimana sebuah FTP bekerja kita dapat melakukannya dengan simulasi pada software cisco packet tracer, anda dapat mengikuti tahapan berikut ini.

  • Desain dan buatlah seubuah layout jaringan seperti gambar diatas dengan spesifikasi berikut.
    • Tambahkan 1 buah computer Server
    • Tambahkan 8 buah computer client
    • Tambahkan 3 buah switch
    • Tambahkan 1 buah printer
    • Tambahkan kabel sebagai media penghubung jaringan
  • Lakukan konfigurasi pada jaringan dengan menghubungkan setiap perangkat yang tersedia pada simulasi jaringan yang telah tersedia dengan menggunakan media penghubung kabel dengan jenis straight untuk perangkat yang berbeda dan cross over untuk perangkat yang sama, setalah melakukan konfigurasi secara fisik selanjutnya berikan alamat IP pada setiap client, server dan printer.
    • Melakukan konfigurasi FTP server, meskipun secara default telah aktif dan dapat diakses akan tetapi kita memerlukan sebuah penjelasan dari pengaturan default tersebut.
      • Masuklah pada tab services kemudian pilih services FTP dengan membuka computer server.
      • Pada service FTP pilih option On untuk menghidupkan layanan dan off untuk mematikan layanan dari FTP server tersebut.
      • Pada fielset user setup pada bagian username dan password di isi dengan users dan password yang akan dibuat, disesuaikan.
      • Pada hak akses directory untuk user anda dapat menentukanya apakan mengaktifkan semua hak akses atau hanya sebagian, jika ingin memberikan hak akses penuh kepada user maka pilih semua permission write, read, delete, rename, dan list.
      • Tekan tombol add untuk menambahkan user FTP dan save untuk menyimpan user FTP tersebut atau menghapusnya dengan menekan tombol remove.
      • Secara default telah tersedia file dari software cisco packet tracer untuk menghapusnya anda dapat menekan tombol remove.
    • Untuk mengakses FTP server pada client gunakanlah command promt, jalankan dengan membuka client kemudian masuk pada tab desktop dan pilih comman promt. Kemudian jalankan perintah ftp di ikuti dengan IP server atau alamat FTP server jika berhasil maka akan tampil pesan selamat datang atau welcome to PT FTP server. Selanjutnya masukan username dan password user FTP tersebut, username cisco dan password cisco. Jika berhasil login maka akan ditampilkan pesan 230-loggen in akan tetapi jika login gagal maka pesan kesalahan akan ditampilkan. Berikut adalah akses ftp melalui command promt.

    Packet Tracer PC Command Line 1.0
    C:\>ftp 192.168.1.1
    Trying to connect...192.168.1.1
    Connected to 192.168.1.1
    220- Welcome to PT Ftp server
    Username:cisco
    331- Username ok, need password
    Password:
    230- Logged in
    (passive mode On)
    ftp>

    Conclusion:
    FTP merupakan sebuah layanan berbagi file yang disediakan oleh server FTP dimana client dapat melakukan download dan upload sebuah data, FTP berjalan pada port 21 dalam melakukan permintaan dan port 20 untuk mengirimkan permintaan.

    0 Response to "Cisco Packet Tracer - Melakukan Konfigurasi FTP"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel