Cara Menghilangkan Pesan Ads.txt Pada Google Adsense

Cara Menghilangkan Pesan Ads.txt Pada Google Adsense, Pada tanggal 16 Juni saya mengecek akun Google Adsense, ketika saya masuk pada dashboard cukup kage dengan melihat pesan dengan background berwarna merah muda yang berbunyi seperti ini. "Earnings at risk - One or more of your sites does not have an ads.txt file. Fix this now to avoid severe impact to your revenue." Jika di translate kurang lebih berbunyi seperti ini ".

https://qualov.blogspot.com/2019/07/cara-menghilangkan-pesan-ads-txt-pada-google-adsense.html


Saya kira pesan tersebut adalah pesan pelanggaran yang tentunya tidak di inginkan oleh setiap publisher Adsense, kemudian saya coba translate pesan tersebut karena saya kurang faham dengan maksud dari pesan tersebut, jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia maka akan menjadi seperti ini. “Penghasilan beresiko - Satu atau lebih dari situs Anda tidak memiliki file ads.txt. Perbaiki ini sekarang untuk menghindari dampak parah pada pendapatan Anda.".

Kemudian saya coba melihat petunjuk dari google mengenai ads.txt dan ternyata untuk memperbaiki pesan peringatan tersebut tidaklah sulit. Lalu apa maksud dari pesan tersebut dan bagaimana cara mengatasi pesan ads.txt yang ada pada dashboard google adsense tersebut?

Ads.txt (Authorized Digital Sellers) adalah sebuah inisiatif dari sebuah Laboratorium Teknologi yang bernama IAB, IAB membuat sebuah ketentuan file txt yang dapat digunakan untuk transparansi transaksi penjualan dan pembelian pada internet yang berfungsi untuk mencegah terhadap modus penipuan yang sering terjadi di dunia internet. Dengan menggunakan ads.txt penjual dapat melakukan validasi tersehadap siapa saja yang telah melakukan pembelian atau transaksi terhadap inventaris yang sudah di jual.

Dengan menggunakan Ads.txt dapat membantu memstikan setiap inventaris iklan digital yang di jual melalui google adse dapat di identifikasi sebagai penjual resmi yang telah anda identifikasi. Bukan hanya pengiklan saja yang dapat melakukan control terhadap iklan yang di jual akan tetapi publisher juga dapat melakukan controlling terhadap siapa saja yang telah melakukan pengiklanan pada websitenya.

Lalu Cara Menghilangkan Pesan Ads.txt Pada Google Adsense, how to solve ads.txt on google adsense?

Pertanyaan tersebut tidak akan hilang sebelum pesan ads txt tersebut dapat diatasi tentunya, anda dapat mengikuti langkah – langkah berikut untuk melakukan penyelesaian masalah tersebut.
Bagaimana cara membuat file ads.txt anda sendiri untuk google adsense?

Berikut cara membuat file ads.txt untuk membuat deklarasi kepada public bahwa google adsense sudah diberikan otorisasi untuk menjual inventaris iklan yang anda miliki:

  1. Buatlah file teks (.txt) dengan extensi dot txt.
  2. Kemudian di dalam file txt tersebut anda sertakan baris kode berikut: google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Pastikan anda mengganti pub-0000000000000000 dengan id penayang yang anda miliki sendiri.
  3. Setelah anda membuat file tersebut silahkan anda upload pada direktori utama atau root misalnya (www.example.com/ads.txt). Hanya di upload pada direktori utama anda bukan sub direktori atau sub domain. 
Langkah – langkah di atas hanya berlaku untuk pengguna non hosted, lalu bagaimana untuk pengguna blogger seperti saya ini? Ternyata untuk blogger lebih mudah untuk dilakukan karena tidak perlu melakukan upload. Ikutilah langkah – langkah berikut ini.

  1. Masuklah pada menu dasboard blogger
  2. Cari menu Setting atau pengaturan
  3. Pilih Search Preferences
  4. Scrool ke bawah dan pilih Custom ads.txt kemudian anda aktifkan dengan menekan tombol edit.
  5. Isi dengan baris kode berikut,  google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0 sama saja dengan yang perintah diatas. Jangan lupa untuk mengganti id pengiklan anda.
  6. Jika sudah pilih option yes dan save untuk menyimpan hasil konfigurasi, secara default jika belum dikonfigurasi maka pengaturan ads.txt ini dalam keadaan disable.
File ads.txt tersebut terdiri dari 4 buah kolom dimana setiap kolom memiliki arti tersendiri lihat format berikut. <Kolom #1>, <Kolom #2>, <Kolom #3>, <Kolom #4>

Kolom Pertama #1 Merupakan nama domain kenosis system yang sudah ditetapkan untuk melakukan penjualan inventaris dalam contoh ini yaitu google.com.

Kolom Kedua #2 Merupakan ID penayang iklan atau pulisher yang melakukan penjualan terhadap inventaris untuk google sendiri ID publishernya sudah pasti seperti berikut pub-0000000000000000

Kolom Ketiga #3 Merupakan jenis akun atau hubungan dari akun pemilik konten dalam hal ini pengiklan yang dapat ditujukan secara langsung atau DIRECT tidak selamanya direct tapi bisa juga RESELLER untuk inventaris atau iklan yang di jual tidak secara langsung.

Kolom Keempat #4 Kolom tambahan yang dapat digunakan secara optional dalam hal ini ID unik untuk system periklanan dalam certification authority yang sudah memetakan entitas yang sudah tercantum untuk akun penjual google sendiri semuanya sama memiliki Tag ID f08c47fec0942fa0.

Sehingga jika semua kolom tersebut disatukan maka akan mendapatkan format seperti berikut ini khusus untuk publisher google.
google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0 
Penting! Pastikan anda mengganti  pub-0000000000000000 dengan ID penayang yang anda miliki sebelum melakukan upload atau menyimpan hasil konfigurasi yang sudah anda lakukan .

Saya sudah memasang ads.txt ini akan tetapi pesan tersebut masih ada?

Pasti banyak yang bertanya – Tanya setelah melakukan pemasangan ternyata pesan ads.txt tersebut masih ada. Setelah anda membuat dan mengaplod ads.txt tersebut atau menambahkan ads.txt tersebut pada blogger, tidak serta merta pesan tersebut dapat langsung hilang. Google membutuhkan waktu untuk melakukan perayapan kembali terhadap ads.txt yang sudah anda buat, waktu yang paling cepat minimal 1x24 jam atau satu hari, dalam kasus lain bisa berminggu – minggu.

Selain itu pastikan situs lain yang terkait dengan google adsense yang sama di pasangi juga ads.txt ini karena jika tidak maka pesan kesalahan akan tetap tampil.

Itulah Cara Menghilangkan Pesan Ads.txt Pada Google Adsense yang sudah saya lakukan sebelumnya, semoga artikel ini dapat membantu anda. Terima kasih.

0 Response to "Cara Menghilangkan Pesan Ads.txt Pada Google Adsense"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel